Burung Poksay

Burung Poksay merupakan salah satu burung kicau yang pernah booming pada masanya, yaitu pada tahun 90-an. Burung poksay yang paling trend dan paling di gemari kala itu adalah jenis Poksay Hongkong, karena memiliki suara yang khas, merdu dan nyaring.

Burung poksay yang tersebar di Indonesia ada beberapa jenis, baik Poksay Impor maupun Poksay lokal. Burung poksay Lokal yang tersebar diantaranya : burung poksay sumatera, burung poksay kuda, burung poksay hitam, burung poksay mantel (medan), burung poksay Genting.

Burung poksay Impor yang tersebar diantaranya : burung poksay hongkong, burung poksay mandarin (genting), burung poksay jambul.

Mari kita bahas satu2 dari jenis burung poksay tersebut :

1. BURUNG POKSAY HONGKONG

Poksay Hongkong yang memiliki nama latin Garrulax chinensis dan dalam bahasa inggris sering di sebut Black-Throated Laughingthrush adalah salah satu jenis poksay paling popular di Indonesia. Sebagian para kicaumania menyebutnya poksay pipi putih atau poksay tompel, karena bagian pipinya berwarna putih. Sedangkan nama lokal di China antara lain witwang, poksay, dan san wu. poksay hongkong ini dahulu pernah menjadi burung peliharaan favorit para penghobi burung karena burung yang berasal dari china seperti hwamei, suara poksay ini amat keras dan memiliki kicauan yang bervariasi.

Wilayah penyebaran burung Poksay Hongkong ada di Kamboja, China, Laos, Myanmar, Thailand, dan Vietnam.

Burung Poksay Hongkong
Burung Poksay Hongkong

Pada sekitar tahun 90an sampai tahun 2000 burung poksay hongkong merajai hampir semua kelas lomba di samping kelas muray batu, anis merah, anis kembang, branjangan dan Wambie (whamei). Poksay ini pernah menjadi langka saat ada wabah flu burung, tetapi seiring berjalannya waktu kini kicaumania sudah mulai lagi memelihara poksay hongkong dan mudah mendapatkannya bahkan mulai ada yang menangkarkannya.

1. BURUNG POKSAY JAMBUL

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*