Ternak Burung Jalak Putih

Ternak Jalak Putih

Ternak Burung Jalak Putih sekarang ini merupakan salah satu upaya dan tindakan untuk melestarikan keberadaan burung jalak putih tersebut karena populasi burung jalak putih sekarang ini sangat memprihatinkan sekali.

Burung jalak putih termasuk burung langka yang di lindungi oleh pemerintah Indonesia, dari namanya burung ini memiliki bulu berwarna putih di seluruh tubuhnya dan terdapat sedikit warna hitam pada sayapnya.

Cara Menentukan Jenis Kelamin Jalak Putih Jantan & Betina :

Burung jalak putih jantan maupun betina memiliki postur tubuh dan warna bulu yang hampir sama. Ada cara khusus untuk mengetahui jenis kelamin burung jalak putih yaitu dengan melihat bagian dubur burung tersebut. Bulu yang menutupi bagian dubur ditiup maka akan kelihatan dubur burung tersebut. Burung jalak putih jantan akan tampak warna biru keunguan pada duburnya, sedangkan untuk yang betina terdapat warna putih kemerahan pada duburnya. Jelas tidaknya warna dubur tersebut tergantung pada usia burung, dimana untuk burung yang masih muda warna agak kurang jelas, semakin tua usia burung tersebut warnanya akan semakin jelas.

Cara Menjodohkan Ternak Jalak Putih :

Jika Burung Jalak hanya satu pasang pastikan dulu jenis kelamin burung tersebut jantan dan betina. untuk membedakanya bisa baca Jalak Putih Jantan Betina disini, atau bisa di tanyakan ke pakar / penangkaran yang sudah kita yakini.

Menjodohkan jalak putih
Menjodohkan jalak putih

Sebelum di masukkan ke kandang penangkaran perlu diadakan proses penjodohan dulu agar tidak terjadi perkelahian yang dapat berakibat fatal yaitu burung yang kalah akan mati. Dalam proses ini burung jantan dan betina kita dekatkan selama kurang lebih 1-2 minggu. Hal ini dimaksudkan agar burung tersebut bisa saling kenal.

Tanda-tanda untuk burung yang sudah jodoh dapat dilihat pada waktu burung tersebut tidur, yaitu berdampingan pada waktu tidur. Jika sudah terlihat jodoh yaitu tidur berdampingan kedua burung tersebut siap untuk dimasukkan ke dalam kandang penangkaran sebaiknya pada sore hari.

Setelah dimasukkan di kandang penangkaran jangan langsung ditinggal, ditunggu dulu kurang lebih selama satu – dua jam untuk memastikan apakah burung tersebut benar-benar jodoh. Amati beberapa saat, terjadi perkelahian atau tidak. Kalo terjadi perkelahian, pisahkan kembali, kalo tidak biarkan tetap satu kandang.

Untuk menjodohkan Jalak Putih lebih baik menggunakan sistem koloni, supaya burung bisa memilih sendiri pasangan nya, kalau pilih sendiri kan sesuai dengan selera burung dan tidak dipaksakan, karena hal yang memaksa atau dipaksa tidak akan menghasilkan kebahagiaan.

menjodohkan jalak putih dengan koloni
menjodohkan jalak putih dengan koloni

Burung di campur jadi satu kandang, usahakan kandang terkena sinar matahari, kemudian pacu dengan jangkrik supaya burung cepat birahi.

jangkrik
jangkrik
jangkrik untuk jalak putih
jangkrik untuk jalak putih

Setelah itu amati burung yang berkreasi dan berdekat-dekatan, semprot dengan cairan berwarna bisa menggunakan teres atau zat pewarna lainya untuk memudahkan dalam penangkapan burung yang selanjutnya pisahkan dalam kandang sekat.

sepasang jalak putih
sepasang jalak putih

Kelemahan Ternak Burung Jalak Putih menggunakan sistem koloni, jumlah burung harus lebih dari satu pasang dan memerlukan kandang dengan ukuran yang lebih besar. Tetapi keuntungan Ternak Burung Jalak Putih menggunakan sistem koloni kita tidak usah susah-susah mensilangkan antara burung satu dengan burung yang lain.

beberapa bulan setelahnya amati burung mengalami perkembangan atau tidak. Perkembangan disini dalam arti burung semakin dekat dengan pasanganya atau tidak, terlihat dari kreasi burung tersebut, kalo burung yang satu terbang pindah tempat burung yang satunya mengikuti. Kemudian beri daun cemara di bawah kandang untuk tempat sarang, kalo burung mau mengambil dan membawanya ke sarang, berarti burung tersebut sudah mau produksi, tinggal ditunggu saja.

Demikian ulasan saya tentang Ternak Burung Jalak Putih, semoga bisa bermanfaat untuk para pencinta Jalak Putih di manapun berada. HP & WA : 082139202204

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*